sor: url("http://downloads.totallyfreecursors.com/thumbnails/banana1.gif

Selasa, 16 Oktober 2012

Mengapa dan Kenapa Teknik Informatika ??



Mengapa Universitas Gunadarma?
                Setelah survey  , Universitas Gunadarma adalah universitas yang menduduki peringkat ke-5 se Indonesia dan terkenal dalam bidang teknik informatika . Karena itu saya memilih universitas gunadarma, yang mempunyai kualitas pengajaran yang baik dalam bidang teknik informatika.
Mengapa saya memilih  jurusan Teknik Informatika ?
                Karena ilmu yang menjadi bagian penting bagi kehidupan manusia dalam memecahkan permasalahan . Bukan dalam hal computer yang mengetahui software dan hardware tetapi logika dan jalan pemikiran juga dipelajari. Bagaimana kita menyikapi sesuatu masalah dan cara menyelesaikan . Dan karena sarjana infomatika sangat di minati perusahan besar di Indonesia maupun di dunia ini apalagi dengan perkembangan zaman yang terus berkembang , sarjana informatika sangat dibutuhkan. Mungkin banyak orang yang beranggapan bahwa lulusan teknik informatika akan sulit mendapatkan peluang kerja karena semakin banyak orang yang mengerti komputer. Menurut saya, itu salah karena untuk masalah seperti itu tergantung kepada seseorang itu sendiri atau kepribadian individu tersebut . Sebagian orang mengatakan informatika bisa mempermudah kehidupan manusia ,karena informatika menggunakan software , hardware dan brainware untuk memecahkan suatu masalah maka masalah dapat dipecahkan dengan pendekatan informatika akan memudahkan kehidupan manusia .
                Inti dari Informatika yaitu algoritma, algoritma itu suatu prosedur atau langkah-langkah untuk memecahkan masalah.  Algoritma sangat penting dalam informatika ,ahli informatika bisa dikatakan telah mengusai informatika . Dan sebaliknya, orang yang tidak menguasai algoritma belum tentu dia mengusai informatika. Contoh, saat kita menggunakan telepon umum , maka ada langkah-langkah yang harus dilakukan :
1.       Angkat gagang telfon
2.       Masukan koin
3.       Tekan nomor yang akan dihubungi
4.       Bicara
5.       Letakkan gagang telepon

Itulah contoh algoritma, langkah – langkah tersebut hanya dasar dan dapat dikembangkan karena keadaan lain. Selain algoritma, bidang yang harus dipelajari oleh teknik informatika yaitu pemograman web , system informasi , kecerdasan buatan , jaringan computer dan telekomunikasi. Teknik informatika harus mempunyai nalar, karena semua masalah harus dipecahkan oleh logika
Seorang ahli informatika mempunyai tanggung jawab untuk memecahkan masalah yang terjadi secara efektif dan efisien dan dapat menghemat sumber daya.
Manfaat informatika di dunia nyata yaitu memecahkan setiap permasalahan . Misalnya kira bekerja di suatu perusahaan , perusahaan tersebut akan membuka cabang dan untuk berkomunikasi kita harus membuat suatu program untuk perusahaan tersebut saling berkomunikasi.
Gambaran untuk pemograman web, kita akan membuat web dan merawat web tersebut. Biasanya seorang yang ahli pemograman web disebut dengan web master. Didalam pemograman web kita juga diajarkan untuk membuat design yang menarik , mempermudah orang lain untuk mendapatkan informasi dan memberikan manfaat didalam web tersebut.  Tampilan web akan menarik dan tidak membosankan apabila ada web designer yang handal di belakangnya.
Selain itu bidang yang harus kita pelajari dalam bidang informatika yaitu kecerdasan buatan atau Artificial Intelegent didefinisikan sebagai kecerdasaan entitas ilmiah. Sistem seperti ini umumnya dianggap computer. Kecerdasaan diciptakan dan dimasukan kedalam suatu mesin atau computer agar dapat melakukan pekerjaan seperti yang dapat dilakukan oleh manusia . Beberapa macam bidang yang menggunakan kecerdasaan buatan antara lain system pakar, permainan computer atau games, logika fuzzy, jaringan syarat tiruan dan robotika.
Banyak hal yang kelihatannya sulit untuk kecerdasaan manusia, tetapi untuk informatika relative tidak bermasalah. Contoh, mentransformasika persamaan, menyelesaikan persamaan integral,membuat permainan catuh atau backgammon. Di sisi lain, bagi manusia keliahatannya menuntut sedikit kecerdasaan , sampai sekarang masih suliat untuk di realisasikan dalam informatika.
Kecerdasaan buatan ini bukan hanya ingin mengerti apa itu system kecerdasan tetapi juga mengkontruksinya. Dan tidak ada definisi yang memuaskan untuk kecerdasaan , kecerdasaan buatan ini saya kutip dari Wikipedia.com .
Harapanku,
                Ingin menjadi lulusan CUM LAUDE di Universitas Gunadarma. Mendapatkan beasiswa untuk melanjutkan S2,  terbang ke Negara Eropa dan menjadi system analis diperusahaan besar di Eropa .
Saya ingin mendapatkan pekerjaan di bidang Sistem analis, yang bertanggung jawab untuk mengkoordinasikan programmer dan memelihara system yang digunakan oleh perusahaan , misalnya LAN (Local Area Network ) atau sistem online sebuah bank untuk melakaukan transaksi perbankan lewat internet atau dikenal internet banking antara lain untuk transfer uang , pengecekan saldo, pemindahbukuan, pembayaran tagihan dan informasi rekening . Tanggung jawab seorang system analis sangatlah besar diperusahaan karena bila ada eror terhadap sistem maka perusahaan akan rugi karena akan menghambat segala transaksi yang dilakukan oleh customer tersebut.

1 komentar:

  1. wah keren algoritmanya.. seru juga yah ternyat tehnik informatika itu.. terima kasih ya ilmunya.. ^^

    BalasHapus